Kolaborasi Antam dan PeTANI Ciptakan Kebun Edukasi Kakao dan Kopi di Pomalaa

0
427
CSR, HC and Finance PT ANTAM Tbk UBPN Sultra Dito Yulianto saat menanam pohon kakao

SEPUTARKOLAKA.ID-PT. Aneka Tambang (Antam) UBPN Sultra Kecamatan Pomalaa, berkolaborasi dengan Lembaga Peduli Tani (PeTANI) Sultra dan pemerintah Kecamatan Pomalaa ciptakan kebun percontohan guna memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bercocok tanam untuk  komoditi Kakao dan Kopi.

CSR, HC and Finance PT ANTAM Tbk UBPN Sultra Dito Yulianto mengapresiasi kepada semua pihak terutama Lembaga Peduli Tani (PeTANI) Sultra dan pemerintah kecamatan Pomalaa atas supportnya dengan program dari CSR PT. Antam.

Ia mengharapkan kebun edukasi tersebut dapat meningkatkan produkasi tanaman Kakao dan Kopi di Kecamatan Pomalaa dan Kabupaten Kolaka pada umunya, ia mengatakan kesuksesan komoditi pertanian yang dikelola PT. Antam pernah dilakukan di Maluku Utara, dengan ciri khas Halmahera, ia inginkan hal tersebut juga bisa di wujudkan di Kecamatan Pomalaa dengan mengelola hasil perkebunan Kopi.

“Pasar Kopi ini sedang naik daun yah, permintaaanya sangat tinggi bukan hanya di indonesia tetapi di dunia, Produk kopi memang kesuksesan unit bisnis di pertambangan nikel di Maluku Utara dengan program andalannya pemanfaatan lahan tambang untuk kebun kopi dan sudah ada hasilnya, Kopi Halmahera dengan kemasan khusus, kalau teman-teman disana bisa kenapa di Pomalaa tidak, kira-kira begitu dan saya berharap harus juga ada kopi ciri khas dari Pomalaa,”katanya (28/12)

Untuk Kakao sendiri, Dito mengamati bahwa terjadi penurunan produksi selama beberapa dekade olehnya itu ia mengharapkan tanaman yang ditanam di Desa Sopura tersebut dapat meningkatkan produksi Kakao Domestik, khususnya di Kecamatan Pomalaa.

“Produksi Kakao di Kolaka Semakin menurun, olehnya itu saya berharap melalui kebun edukasi ini sudah mulai ditumbuhkan minat masyarakat untuk menanam tanaman kakao dan mudah-mudahan ini bisa membantu meningkatkan produkasi Kakao di Kolaka,”ucapnya

Ditempat yang sama Direktur Eksekutif Lembaga Peduli Tani (PeTANI) Sultra Junaidin mengatakan kerjasama dengan PT. Antam dalam mengembangkan kebun edukasi tersebut, terjalin mulai dari bulan Juli, 2021. dan akan berjalan selama 3 Tahun kedepan.

Ia mengatakan tujuan kebun edukasi tersebut yaitu memberikan edukasi kepada masyarakat tentang budidaya tanaman Kakao dan Kopi mengingat lahan di Desa Sopura Kecamatan Pomalaa, masih banyak lahan yang tidak produktif dan belum termanfaatkan.

“Jadi masyarakat bisa belajar disini bagaimana pembibitannya penanamanya sampai sampai dengan pengelolaanya itu sendiri, itu nanti yang akan diajak dan dipandu oleh pengelola yang ada yaitu kelompok petani yang ada di Desa Sopura,”terangnya

Sementara itu camat Pomalaa Mirdan Athar menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Direksi PT. Antam yang mau memperhatikan kesejahteraan petani khususnya di Desa Sopura dengan membuat kebun edukasi untuk menjadi wahana bagi masyarakat belajar mengembangkan tanaman Kakao dan Kopi

“Kita berharap ini betul-betul bisa menjadi contoh, kepada masyarakat Desa Sopura dan masyarakat di Desa lain melalui  lahan 2 hektare ini,  dulu di kolaka pernah buming tanaman kakao, tapi mengalami penurunan produkasi gara-gara hama batang, akhirnya petani beralih ke tanaman cengkeh, kita berharap dengan adanya kebun edukasi ini dapat kembali menumbuhkan minat masyarakat untuk bercocok tanam khususnya komoditi Kakao,”harapnya

Laporan: Zul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here