Sekda Provinsi Harap Bendungan Ladongi Jadi Tempat Wisata dan Pusat Olahraga Dayung

0
415
Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara Hj. Nurendang Abbas

SEPUTAR,KOLAKA.ID-Bendungan Ladongi di Kabupaten Kolaka Timur Sulawesi Tenggara resmi beroperasi setelah diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo Selasa (28/12), peresmian dilakasanakan setelah melalui proses pengerjaan selama 6 tahun terhitung sejak 2016 hingga 2021.

“Alhamdulillah berapa lama kita menanti karena covid-19, bapak presiden akhirnya hadir dan kesannya luar biasa, senang sekali di sulawesi tenggara ini ada bendungan sebesar dan sebagus ini, ini nantinya untuk mengairi dua kabupaten yah Kolaka timur sendiri dan Kabupaten Konawe,”Ucap Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara Hj. Nurendang Abbas usai mengikuti peresmian Bendungan Ladongi

Nurendang berharap bendungan Ladongi tersebut bukan hanya dimanfaatkan untuk pengairan irigasi dan sumber daya listrik tetapi juga bisa menjadi tempat wisata bagi masyarakat, serta menjadi pusat pelatihan para atlit dayung Indonesia kedepan.

“Harapnnya ini bukan hanya sebagai bendungan seperti biasa, tetapi ini bisa menjadi objek wisata untuk masyarakat dan pusat pelatihan dayung karena pak menteri sudah menjanjikan bahwa disini mau dibuat wisma atlit dayung, jadi pusat pelatihan dayung di pusatkan di bendungan ini,”harapnya

Untuk diketahui Bendungan terbesar di Sulawesi Tenggara tersebut penyediakan air baku sebanyak 120 liter per detik, reduksi banjir sebesar 176,6 meter kubik per detik, dan potensi listrik sebesar 1,3 megawatt. Bendungan ini menghabiskan APBN sebanyak  Rp1,2 triliun.

Laporan: Zul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here