SMS Berjaya Sukses Membangun Rumah Sakit Megah dan Modern

0
536
RSBG KOLAKA

– Menjadi Rujukan Empat Kabupaten

SEPUTAR,KOLAKA.ID-Kepemimpinan H. Ahmad Safei – H. Muhammad Jayadin (SMS Berjaya) di Kabupaten Kolaka selama dua periode mempersembahkan maha karya pembangunan di bidang kesehatan. Sebuah pembangunan spektakuler dengan hadirnya rumah sakit megah dan modern di level kabupaten. Itulah Rumah Sakit Benyamin Guluh Kolaka atau biasa dikenal dengan sebutan Rumah Sakit SMS Berjaya. Rumah sakit ini dibangun sebagai penyanggah pelayanan kesehatan dan rujukan bagi empat kabupaten di Sultra yakni Kolaka, Kolaka Timur, Kolaka Utara, dan Bombana.

Rumah sakit modern Kabupaten Kolaka itu berdiri megah di Jalan Mekongga Indah, By Pass Kolaka – Pomalaa. Rumah sakit megah ini dibangun dengan 3 tower yang masing-masing terdiri 4-5 lantai. Dua tower telah berfungsi secara penuh dan dioperasikan secara resmi pada ulang tahun ke 62 Kabupaten Kolaka, 28 Februari 2022. Sementara Tower ketiga yang baru selesai proses pembangunannya ditargetkan mulai difungsi kan pada tahun ini.

Rumah sakit ini merupakan rumah sakit modern yang dilengkapi dengan fasilitas dan pelayanan yang mumpuni. Perencanaannya telah dimulai pada tahun 2016 dan pembangunan fisiknya mulai dilaksanakan pada tahun 2017 dengan total biaya lebih dari Rp250 miliar yang bersumber dari APBD, hibah pihak ketiga dan dana alokasi khusus (DAK) pemerintah pusat.

Salah satu fasilitas pemeriksaan yang dimiliki RSBG Kolaka

Fasilitas kesehatan ini merupakan salah satu bagian dari visi besar Pemerintah Kabupaten Kolaka dibawah kepemimpinan SMS Berjaya dalam membangun Kolaka sebagai salah satu pusat pelayanan di Sulawesi Tenggara. Keberadaan rumah sakit modern dimaksudkan tidak hanya melayani masyarakat Kabupaten Kolaka, namun juga menjadi pusat rujukan bagi masyarakat Sulawesi Tenggara secara umum, khususnya bagi daerah-daerah sekitar.

Direktur RS Benyamin Guluh Kolaka, dr. H. Muhammad Rafi mengungkapkan, fasilitas perawatan rencana sebanyak 400 tempat tidur. Peralatan kesehatan yang memenuhi standar Kementerian Kesehatan RI. Rumah Sakit Benyamin Guluh menjadi pengampuh beberaparumah sakit di Sulawesi Tenggara seperti Rumah Sakit H.M. Djafar Harun Kolaka Utara, Rumah Sakit Umum Kolaka Timur, Rumah SakitUmum Daerah Bombana, Rumah Sakit Umum Daerah Konawe, dan Rumah Sakit Antam Pomalaa.

Ruang Perawatan RSBG Kolaka

“Sampai saat ini, rumah sakit telah memiliki 24 dokter spesialis yang berusaha memberikan pelayanan paripurna bagi masyarakat. Dokter spesialis ini terdiri atas dokter spesialis penyakit dalam, kebidanan dan penyakit kandungan, anak, bedah, bedak orthopedi dan traumatologi, saraf, THT-KL, mata, gizi, konservasi gigi, periodentis, patologi klinik, radiologi, anastesi, dan penyakit kulit dan kelamin. Ada pula beberapa dokter umum dan dokter gigi umum,” ungkap dr. H. Muhammad Rafi.

RS Benyamin Guluh juga memiliki keunggulan berupa pelayanan pemeriksaan endoscpoy oleh dokter konsulen gastroentero hepatologi yang hanya ada di Sulawesi Tenggara.

“Sekarang telah memiliki alat CT-Scan sebagai alat yang membantu menegakkan diagnosa untuk berbagai penyakit. Kami juga memi liki alat USG 4 dimensi yang dipergunakan oleh dokter kebidanan dan penyakit kandungan serta oleh dokter radiologi. Selain itu, dalam pelayanan kesehatan mata, khususnya operasi katarak, kami menggunakan operasi pheco emulsion, dimana waktu operasi cepat, perlukaan minimal, sehingga penyembuhan semakin lebih cepat,” jelasnya. (adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here