Prodi Bahasa Indonesia USN Kolaka Raih Akreditasi Baik Sekali

0
298
Ucapan Rektor USN Kolaka terhadap pencapaian Akreditasi Prodi Bahasa Indonesia

SEPUTAR,KOLAKA.ID- Program Studi Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sembilanbelas November Kolaka akhirnya mendapatkan akreditasi Baik Sekali dari Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM). pencapaian itu menambah jumlah program studi yang sebelumnya sudah mendapatkan penilaian baik sekali yakni, Program studi Bahasa Inggris dan Program Studi Ilmu Hukum.

“Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya tidak lepas dukungan teman-teman di fakultas di prodi, termaksud dosen dan mahasiswa,sehingga kita di Prodi Bahasa Indonesia bisa mendapatkan predikat Baik Sekali,”kata Ketua Program Studi Bahasa Indonesia Takwa saat diwawancarai di rektorat kampus USN Kolaka (5/1)

Ditempat yang sama Rektor USN Kolaka Dr. Nur Ihsan mengatakan untuk mengukur kualitas proses pembelajaran di kampus indikatornya adalah akreditasi, sebab semua aspek pembelajaran akan dinilai, olehnya itu ia berharap apa yang sudah dicapai dapat terus ditingkatkan, begitupun di program studi lain yang ada di USN Kolaka.

“Untuk mengukur kualitas pendidikan di perguruan tinggi itu dengan akreditasi, dalam akreditasi itu  ada beberapa aspek yang dinilai,  mulai dari proses penyelenggaran kuliahnya, evaluasinya, sarpras, terakhir bagaimana lulusannya terserap ke dunia kerja. Jadi tidak bisa lagi kampus berfikir sekedar mencetak lulusan, tapi bagiamana kampus memikirkan penempatan atau alumni ini bisa bekerja dengan layak,”

Ia mengatakan aspek penting dalam mencapai nilai akreditasi baik sekali adalah dukungan pendanaan kepada fakultas, terkait peningkatan sarana dan prasarana penunjang proses perkuliahan, olehnya itu pihak kampus akan terus mendorong setiap fakultas untuk berbenah dalam persiapan assessment selanjutnya.

Saat ini kata mantan dekan FKIP untuk meningkatkan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) minimal 30% dari jumlah program studi di setiap kampus harus terakreditasi Baik Sekali, di USN Kolaka sendiri terdapat 30 Program studi, artinya minimal 9 Program studi harus terakreditasi Baik Sekali dari LAM.

“Bulan depan kita akan lakukan perencanaan bagaiman supaya 6 program studi sisanya ini kita support untuk pembiayaan sehingga pada saat assessment atau penilaian nanti akan mendapatkan nilai baik sekali,”pungkasnya

6 Program studi yang akan dilakukan Akreditasi itu adalah program studi yang ada di Fakultas Pertanian, yakni Prodi Agribisnis, Agroteknologi, Peternakan, Perikanan, Teknologi Hasil Pertanian,  dan Prodi Ilmu Kelautan.

“6 Prodi yang akan melakukan akreditasi semua ada di pertanian, ada 6 program studi disitu yang akan di nilai tahun ini,”katanya.

Rektor kedua di USN itu menjelaskan manfaat atau benefit yang akan didapatkan mahasiswa yang lulus dari program studi yang terakreditasi baik sekali dari lembaga akreditasi mandiri, yakni, mendapatkan kemudahan dalam mecari pekerjaan pasca lulus dari kampus, sebab kata dia biasanya perusahaan atau lembaga pemerintah akan lebih memperhatikan dan mengutamakan lulusan yang terakreditasi Baik.

“Biasanya perusahaan akan memperhatikan lulusan Universitasnya darimana, kemudian akreditasi prodi dan perguruan tingginya apa, dengan adanya jaminan mutu lulusan maka tidak ada kehawatiran bagi pengguna jasa nanti dalam hal lulusan, belum bisa semua prodi, tetapi kami pelan-pelan kita akan dorong semua kesitu semua,”tambahnya (zl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here