Pembangunan Kebun Raya Kolaka Menunggu MoU BRIN dengan KemenPUPR

0
297
Masterplan pembangunan kebun raya kolaka

SEPUTAR,KOLAKA.ID-Pembangunan Kebun Raya Kolaka yang berada di Desa Lalonggolosua, Kecamatan Tanggetada. rencananya akan mulai dibangun tahun ini, meski demikian rencana dimulainya pembangunan kebun raya kolaka ini masih akan menunggu nota kesepahaman (MoU) antara Badan Riset Dan Inovasi Nasional (BRIN) dengan kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kolaka Sjamsul Kadar. ia mengatakan pembangunan kebun raya kolaka akan dimulai tahun ini, saat ini kata dia dilokasi tersebut sudah dibangun beberapa fasilitas seperti akses jalan masuk, Sekretariat, dan juga rumah kaca untuk tanaman anggrek.

“Kemarin dengan kedatangan bapak menteri PUPR kita sudah membuka komunikasi dengan beliau sisa MoU antara BRIN dengan PUPR kita tunggu kalau itu sudah ada mungkin kementrian PU sudah mencoba membangun infrastrukutr yang ada disana,”ucapnya saat diwawancarai usai kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Kabupaten di salah satu hotel di Kolaka, Senin (13/3).

Selain pembangunan kebun raya kolaka, Pemkab Kolaka diakhir kepemimpinan Bupati H. Ahmad Safei dan Wakil Bupati Muh. Jayadin fokus menyelesaikan beberapa proyek strategis, seperti pelebaran rute penerbangan bandara Sangia Nibandera, penyelesaian fasilitas rumah sakit Benyamin Guluh Kolaka dan penyelesaian ringroad jalan tengah kota.

“Kita fokus menyelesaikan program-program yang belum sempurna, kita berharap semua program ini berjalan sesuai dengan yang kita renacanakan,”ucapnya

Sjamsul Kadar menambahkan untuk rencana pembangunan tahun 2024, Bappeda mengusulkan sebanyak 1400 Program SKPD lingkup Pemkab Kolaka, anggaran untuk menagkomodir semua program itu diperkirakan sebesar 1.9 Teriliun setelah ditambah belanja gaji pegawai.

Sementara itu ditempat yang sama Wakil Bupati Kolaka Muh. Jayadin mengharapkan kepada semua Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Kolaka agar mengedepankan program yang mendorong pembangunan ekonomi, seperti menajaga infalasi dan ketahanan pangan. ia berharap semua program pembangunan yaang belum tercapai agar secepatnya di selesaikan.(zl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here