Hari Pertama UTBK SNBT di USN Kolaka Diikuti 204 Camaba

0
324
Pelaksanaan UTBK SNBT di USN Kolaka

SEPUTAR,KOLAKA.ID-Hari pertama Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) tahapan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes(SNBT) di Universitas Sembilanbelas November Kolaka diikuti sebanyak 204 orang Calon Mahasiswa Baru (Camaba) di ruangan lab komputer Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Senin (8/5).

204 peserta tersebut terbagi menjadi dua sesi ujian, yakni 102 orang pada sesi satu dan 102 lainnya di sesi dua, semua peserta tersebut menempati 4 ruangan yang berbeda dibagi menjadi 25 dan 27 orang peserta per ruangannya.

Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan, dan Kerjasama USN Kolaka Lete mengatakan Kegiatan UTBK SNBT di USN Kolaka dilaksanakan selama lima hari terhitung mulai hari senin hingga Jum’at pekan ini.

“Dilaksanakan selama Lima hari mulai dari hari Senin Hingga hari Jum’at mendatang,”katanya

Lete menambahkan peserta UTBK SNBT dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2021, 2022, dan 2023 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan sederajat), serta lulusan Paket C ditahun itu, dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2023).

“Keikutsertaan dalam UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti Seleksi Nasional Berbasis Tes pada PTN Akademik, PTN Vokasi, dan Perguruan Tinggi Keagamaan Agama Islam Negeri (PTKIN),”tambahnya.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Ir. Rina Rembah mengatakan SNBT merupakan seleksi tahap kedua setelah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) yang telah dilaksanakan sebelumnya, nantinya apabila Camaba tidak lulus di SNBT dapat mengikuti kembali di seleksi jalur mandiri,

“SNBP itu berdasarkan prestasi jadi sekolah yang berakreditasi Unggul atau A mendapatkan kouta 40% siswa berprestasi yang bisa diusulkan ke kementerian, kalau SNBT ini harus mengikuti tes tertulis, kalau keduanya tidak lulus Camaba masih memiliki kesempatan satu kali yaitu di jalur mandiri dan biasanya peluangnya besar,”ucapnya

Ia mengharapkan siswa yang mengikuti UTBK agar memperhatikan tata tertib saat ujian, agar lulus sesuai dengan pilihan univeritas yang sudah dipilih sebelumnya.

“Kita harapkan UTBK kali ini berjalan dengan lancar,”pungkasnya (zl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here