Gerakan Coastal Clean UP 2023 Antam, Kumpulkan Ratusan Kilo Sampah Plastik

0
395
Kegiatan Coastal Clean UP (CCU) 2023 PT. Antam, Tbk. UBPN Kolaka di Pesisir Pomalaa

SEPUTAR,KOLAKA.ID-Dalam rangka memperingati hari Lingkungan Hidup sedunia yang jatuh pada setiap tanggal 5 Juni, Antam bersama para karyawan, Mitra dan Mahasiswa, membuktikan kecintaan terhadap lingkungan dengan melaksanakan Coastal Clean UP atau bersih pantai di sepanjang 800 meter pesisir Kecamatan Pomalaa Sabtu (10/6).

Health Safety and Environment (HSE) Specialist PT. Antam, Tbk. UBPN Kolaka, Manasje sebagai koordinator pelaksanaan pembersihan pantai  2023 menjelaskan pelaksanaan kegiatan coastal clean up (CCU) serentak seluruh indonesia.

Hasil dari bersih pantai tersebut diperoleh sebanyak 164,6 Kg sampah, yang mana terdiri dari 10,4 kg sampah organik dan 154,2 kg sampah anorganik yang mana sebagian besar merupakan sampah plastik.

Pegawai ANtam, Mitra dan Mahasiswa saat membersihkan pantai Pomalaa

Selanjutnya sampah-sampah yang telah dikumpulkan akan dibawah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) untuk pengolahan lebih lanjut,

“PT. Antam, Tbk. UBPN Kolaka memiliki garis pantai yang sangat panjang pada area operasinya sehingga kita wajib menjaganya agar tetap indah dan lestari.”terangnya

Selain itu Manager Health, Safety and Environment (HSE)  PT. Antam, Tbk. UBPN Kolaka  Taufik Ahmady, menambahkan dalam operasinya PT. Antam, Tbk. UBPN Kolaka mengelola sampahnya secara mandiri.

Seluruh sampah yang berasal dari kegiatan domestik, pabrik dan fasilitas penunjang senantiasa dikumpulkan dan dikelola pada fasilitas TPA.

Di tahun 2023 PT. Antam, Tbk. melakukan uji coba penerapan peuyeumisasi  dalam pengelolaan sampah. Dalam kegiatan ini sampah domestik yang terkumpul difermentasi untuk meningkatkan nilai kalorinya.

Peuyeumisasi  sendiri dilakukan dengan melakukan fermentasi terputus, yakni membiarkan mikroorganisme memecah hidrokarbon rantai panjang menjadi hidrokarbon yang lebih pendek namun tidak sampai selesai dan menyisakan alkohol sebagai produknya sehingga memiliki nilai kalori yang lebih tinggi dari sampah semula.

“Peningkatan nilai kalori pada sampah tersebut menyebabkan sampah yang semula tidak bermanfaat menjadi memiliki potensi untuk dapat digunakan sebagai substitusi bahan bakar,”ucapnya.

Taufik Ahmady berharap dengan seluruh rangkaian aksi lingkungan yang akan terus dilakukan PT. ANtam sepanjang bulan juni ini PT. Antam dapat berpartisipasi nyata untuk menjadikan bumi lebih hijau dan indah serta bisa meningkatkan kesadaran masyarakat akan lingkungan.

“Kendalikan sampah plastik, kita bisa,!”harapnya

Untuk diketahui selama rangkaian peringatan hari lingkungan sedunia, PT. Antam telah banyak melakukan berbagai kegiatan pelestarian lingkungan diantaranya penanaman berbagai pohon endemik pada 5 juni lalu, pembersihan pantai dan selanjutnya akan melaksanakan kegiatan Sosialisasi Peningkatan Peran Serta Masyarakat dalam Pengelolaan Limbah Padat Non B3 pada hari esok 13 Juni 2023.(zl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here