Dosen USN Kolaka Kembangkan Program Perikanan Peternakan Terintegrasi untuk Tumbuhkan Ekonomi Masyarakat Pesisir Lawulo

0
389
Dosen USN Kolaka saat membuat olahan ikan menjadi abon bersama masyarakat Lawulo

SEPUTAR,KOLAKA.ID- Universitas Sembilanbelas November Kolaka merupakan Universitas yang cukup produktif dalam mengikuti kegiatan kompetitif nasional untuk Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Salah satunya dengan mengembangkan berbagai inovasi di bidang pertanian, Perikanan dan Peternakan, seperti yang dilakukan oleh Dosen Fakultas Pertanian, Peternakan, dan Perikanan di Desa Lawulo Kecamatan Samaturu contohnya.

Hastuti , S.Pt., M.P (Dosen Peternakan) dan dua dosen lainnya yakni ibu Dr. Ir. Ramlah S., M.Si., (Dosen Perikanan) Yolanda Fitria Syahri, S.P., M.Si.(Dosen Agroteknologi) melakukan pemberdayaan masyarakat pesisir dengan program terintegrasi dalam mengembangkan budidaya Ternak itik dan pengolahan daging ikan menjadi Abon Ikan.

Pemberdayaan masyarakat pesisir ini disebut Program Kemitraan Masyarakat atau (PKM).
kegiatan tersebut disupport penuh oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Kemendikbud Ristek Republik Indonesia dalam bentuk dana hibah pada tahun 2022 ini.

“Pemberdayaan masyarakat pesisir di Desa Lawolo memiliki potensi yang cukup besar untuk diintegrasikan antara budidaya hasil laut berupa ikan dengan peternakan, dari  kegiatan survei yang kami lakukan ditemukan berbagai permasalahan, yang pertama produk hasil laut seperti ikan diperoleh masih belum memiliki nilai tambah (value added), hal ini dikarenakan mereka hanya menjual dalam bentuk bahan mentah dengan harga yang lebih murah. Kami menawarkan solusi dengan melakukan pengolahan bersama mitra dari hasil laut seperti ikan diversifikasi menjadi Abon.  Kedua, lahan kawasan pesisir belum termanfaatkan secara maksimal, Kami menawarkan solusi  dengan mengintegrasikan wilayah pesisir dengan mengembangkan budidaya ternak itik yang bertujuan agar mitra tidak hanya terfokus  dengan hasil laut yang kadang sangat terpengaruh cuaca dan iklim,” Ucap Ketua Tim PKM Hastuti , S.Pt., M.P Minggu (02/10)

Program yang dilaksanakan selama 7 bulan (Mei-November 2022) ini didalamnya sudah dilakukan berbagai kegiatan diantaranya Tim PKM bekerjasama dengan mitra atau masyarakat Lawulo membuat kandang pemeliharaan ternak itik, sementara untuk pengolahan hasil tangkapan ikan dilaksanakan pelatihan pengolahan ikan segar menjadi Abon siap konsumsi

“Program ini diharapkan menghasilkan produk dan terbentuknya peta potensi wilayah
pesisir yang dapat diintegrasikan dengan komoditi-komoditi dari bidang pertanian dan peternakan sebagai upaya menunjang sistem pertanian yang berkelanjutan dan atau pertanian terpadu, dan juga terbentuknya jenis wirausaha baru untuk mendukung perekonomian masyarakat,”katanya

Perwakilan masyarakat Lawulo Rosmina, mengapresiasi program dari Dosen USN Kolaka, ia mengatakan dengan adanya program kerjasama tersebut masyarakat Lawulo yang khususnya tinggal di wilayah pesisir laut dapat banyak belajar untuk pengembangan usaha di bidang perikanan dan peternakan.

“Budidaya ternak itik dan pelatihan pembuatan olahan ikan dalam bentuk Abon ini sangat
bermanfaat karena menghasilkan produk yang dapat dijual, sehingga dapat menjadi alternatif bagi kami untuk mengembangkan usaha di bidang perikanan dan juga peternakan,”terangnya

Sementara itu Dr. Ir. Ramlah mewakili program studi perikanan mengharapkan Program Kemitraan Masyarakat tersebut dapat terus dilakukan, bukan hanya sebatas selama kegiatan tetapi dapat terus menjadi program keberlanjutan guna mendongkrak perekonomian yang ada di Desa Lawulo Khususnya.

“Kami harapkan program ini betul-betul dapat menghasilkan sesuatu yang baik untuk masyarakat, terkhusus bagi masyarakat pesisir Desa Lawulo, kami inginkan Desa Lawulo ini dapat menjadi Desa Binaan Universitas Sembilanbelas November Kolaka,”harapnya *(zl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here