Tim PKM USN Tingkatkan Literasi Numerasi Siswa SDN 1 Lamokato

0
226
Tim PKM dari FKIP USN Kolaka, melaksanakan pendampingan literasi numerasi di SD Negeri 1 Lamokato. FOTO: Istimewa

SEPUTAR,KOLAKA.ID-Tim Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka melaksanakan pendampingan literasi di SD Negeri 1 Lamokato. Tim PKM yang memperoleh dana hibah dari Kemendikbud itu, mendampingi untuk meningkatkan literasi numerasi siswa dengan menggunakan metode jarimatika.

Tim PKM diketuai oleh Tri Maniarta Sari, S.Pd.,M.Pd., dengan anggota Ernawati, S.Pd.,M.Pd., Alonemarera, S.Pd., M.Pd., Irajuana Haidar, S.Pd.,M.Pd dan Andi Sadillah, S.Pd.,M.Pd serta melibatkan tujuh mahasiswa. Kegiatan ini dilaksanakan mulai Juni hingga Agustus 2022.

Ketua Tim PKM, Tri Maniarti Sari menjelaskan pelaksanaan PKM bertujuan untuk meningkatkan literasi numerasi, dalam hal ini kemampuan berhitung siswa yang ada di SD Negeri 1 Lamokato. Hal ini didasari oleh penurunan kemampuan literasi numerasi yang disebabkan kurangnya minat siswa terhadap pelajaran berhitung. Selain itu juga dipengaruhi oleh metode pembelajaran berhitung yang masih monoton dan kurang menyenangkan bagi siswa. “Oleh karena itu, kami memberikan sebuah bimbingan dengan metode yang berbeda dan menarik untuk siswa sehingga dapat meningkatkan minat dan juga literasi numerasi siswa. Dan metode yang dipilih dalam kegiatan ini adalah metode jarimatika, dimana siswa diajarkan berhitung dengan mudah dengan jari-jari tangan,” katanya.

Ia menambahkan, kegiatan PKM tidak hanya melibatkan siswa selaku sasaran PKM, namun juga melibatkan guru untuk mendampingi pelaksanaan dari bimbingan literasi numerasi. Selain itu, buku-buku yang menjadi panduan dalam metode jarimatika diberikan kepada pihak sekolah. “Diharapkan walaupun bimbingan yang dilakukan oleh tim PKM telah selesai, namun proses belajar atau peningkatan literasi numerasi dengan menggunakan metode jarimatika dapat terus berlanjut secara mandiri dengan bantuan buku-buku tersebut,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala SD Negeri 1 Lamokato, Hj. Juhariah Ukkas, S.Pd.,M.Pd, mendukung penuh pelaksanaan bimbingan literasi numerasi yang dilakukan oleh tim PKM FKIP USN Kolaka. Dia pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim PKM yang sudah memilih sekolah yang dipimpinnya untuk melaksanakan bimbingan literasi numerasi. “Semoga kegiatan bimbingan ini dapat meningkatkan literasi siswa dan juga berdampak pada prestasi siswa, tidak hanya dalam pelajaran di sekolah namun juga pada prestasi di luar sekolah,” harapnya.

Sejauh ini, peserta didik menunjukkan motivasi yang tinggi serta sangat antusias selama mengikuti kegiatan ini, guru pendamping kooperatif dan terlibat aktif, dan orang tua terlihat sangat mendukung anaknya.

Diharapkan kegiatan ini dapat berjalan lancar, mendapat respon positif dari semua pihak, dan yang paling penting dapat meningkatkan literasi numerasi siswa. Kepada mitra juga diharapkan untuk tetap melanjutkan program kegiatan ini dengan bekerjasama dengan orang tua dan pihak-pihak terkait agar tujuan gerakan literasi dapat tercapai secara maksimal. (rls/zl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here