Dua Mahasiswa Pertanian USN Kolaka Ikuti Program Magang di Rajamangala Thailand

0
1434
Nur Rahmawati Prodi Agroteknologi , dan Rahmayana dari prodi Agribisnis bersama dekan FPPP Dr. Marlina

SEPUTAR,KOLAKA.ID-Dua Mahasiswa Fakultas Pertanian perikanan dan peternakan, dari program studi Agroteknologi dan Agribisnis mengikuti program magang di Universitas Rajamangala University of Technology Phra Nakhon Thailand.

Dua mahasiswa tersebut atas nama Nur Rahmawati dari Prodi Agroteknologi semester 4, dan Rahmayana dari prodi Agribisnis semester 8, keduanya akan mengikuti kegiatan konferensi internasional dan perkuliahan  di universitas di thailand itu selama 28 hari.

Wakil rektor I Bidang Akademik Rina Remba mengatakan pertukaran pelajar tersebut adalah yang pertama kali dilakukan pihak Universitas, hal tersebut guna mendukung visi misi USN kolaka untuk menjadi kampus dengan nominasi universitas terbaik di kawasan asia tenggara pada tahun 2039 nanti.

“Ini suatu gebrakan nyata untuk membuktikan visi misi universitas Sembilanbelas November Kolaka bahwa tahun 2039 usn bisa masuk nominasi universitas terbaik di kawasan asia tenggara sehingga dari rangkaian itu untuk kemudian  menuju visi misi itu maka ini salah satu langkah dengan kolaborasi atau kerjasama  dengan luar negeri,”katanya saat press conference di gedung rektorat kampus Senin (5/6).

Rektor USN Kolaka Dr. Nur Ihsan Bersama dua mahasiswa yang akan mengikuti pertukaran pelajar serta Wakil Rektor I Rina Remba, Kepala Biro Akademik Lete.

Ia menambahkan program pertukaran pelajar ini akan menjadi program tahunan kampus, untuk langkah di tahun berikutnya USN kolaka kembali akan mengirimkan Mahasiswanya ke Universitas Fukui jepang dan Universitas Mahidol Thailand.

“Step berikutnya adalah ke Fukui University, dan Mahidol thailand sehingga kita berharap bahwa ini adalah starting pointnya dan membuktikan bahwa USN itu bisa kita harapkan mereka berdua ini bisa menjadi  Brand Ambassador bagi usn ke kelas internasional,”harapnya

Dekan Fakultas Pertanian Dr. Marlina mengatakan kedua mahasiswanya terpilih setelah melakukan serangkaian seleksi dan persyaratan, seperti pengetahuan tentang negara tujuan serta kecakapan dalam berbahasa inggris.

Selain itu, keberangkatan dua mahasiswa tersebut diharapkan dapat meningkatkan akreditasi fakultas, yang sementara ini coba ditingkatkan oleh pihak Fakultas.

“Kita berupaya agar bagaimana nilai akreditasi fakultas bisa terus meningkat dan ini adalah satu penilaian yaitu hubungan internasional dengan mengirim mahasiswa kita untuk belajar diluar kampus sesuai kurikulum MBKM,”katanya

Ditempat yang sama Rektor USN Kolaka Dr. Nur Ihsan menekankan kepada mahasiswa agar beradaptasi, terutama kata dia disiplin dan menjaga kekompakan selama berada di Universitas Rajamangala Thailand.

“Memang perlu penyesuaian diri, tunjukkan bahwa mahasiswa Indonesia khususnya USN Kolaka itu bisa disiplin, kompak, menjadi penunjuk jalan bagi kelompok mahasiswa di sana,”pungkasnya (zl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here