Dinkes Himbau Warga Kolaka Cerdas Memilih Produk Makanan Jelang Idul Fitry

0
133
Dinkes Kabupaten Kolaka saat melakukan pengecekan baha baku kue di pusat perbelanjaan di Kota Kolaka

SEPUTAR,KOLAKA.ID-Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka menghimbau kepada warga Kolaka agar cerdas memilih produk makanan terutama bahan kue menjelang peringatan hari raya idul Fitry 1444 Hijiriah 2023 Masehi.

Kadis Kesehatan Kabupaten Kolaka Harun Massiri menekankan kepada para komsumen agar memperhatikan kondisi fisik makanan ataupun bahan-bahan makanan sebelum melakukan pembelian, karena dikhawatirkan akan berdampak kepada kesehatan yang mengkomumsi.

“Masih ada yang ditemukan baik itu kemasan rusak kemudian masih ada beberapa produk yang kita temukan kemarin ada yang kedaluarsa olehnya itu kita himbau masyarakat untuk memperhatikan kondisi fisik makanan sebelum membeli,”katanya saat melakukan sidak dibeberapa tempat perbelanjaan di Kota Kolaka Kamis (13/4)

Hal yang perlu diperhatikan secara detail terkait kondisi fisik kata Harun adalah cek tanggal kaduluarsa produk, kondisi kemasan, label izin edar, dan daftar produknya. apabila ditemukan produk yang kondisi fisiknya sudah tidak baik harap dikembalikan kepada distributor atau pejual tersebut.

“Inilah yang kita harapkan sehingga betul-betul masyarakat bisa terlindungi dari produk-produk yang tidak memenuhi syarat baik itu kemasannya, registernya kemudian layak dan tidak layaknya untuk dikumsumsi ,”harapnya

Sebab kata harun kemasan yang rusak terutama susu dalam kaleng dapat mengandung microba yang dapat berdampak kepada kesehatan masyarakat.

“Kalau ditemukan kemasan produk yang rusak kemungkinan mengandung microba dan bisa merugikan kesehatan bagi masyarakat yang mengkomsumsi juga termaksuk bahan-bahan yang bisa berpengaruh terhadap kestabilan produknya sehingga isi dari produk itu bisa berpengaruh kualitasnya, tidak bisa digunakan lagi dengan baik,”pungkasnya.(CR5)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here