KPU Kolaka Mulai Sortir dan Lipat Surat Suara Pemilu

0
105
Pelipatan surat suara mulai hari ini (kemarin, red)

SEPUTARKOLAKA.ID- Kolaka – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka mulai melakukan penyortiran dan pelipatan kertas suara Pemilu 2024, pada Minggu (7/1). Proses sortir dan pelipatan kertas suara melibatkan puluhan pekerja yang diawasi langsung oleh internal KPU Kolaka dan Bawaslu serta pihak kepolisian.

Ketua KPU Kolaka Kamal Baddu menjelaskan proses pelipatan surat suara dilengkapi dengan standar prosedur sesuai regulasi. Pelipatan dimulai dengan kertas surat suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Sementara pelipatan surat suara DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan Kabupaten akan dilakukan setelah selesai pelipatan kertas surat suara Pilpres.

“Pelipatan surat suara mulai hari ini (kemarin, red). Proses pelipatan dimulai dengan surat suara Pilpres. Sementara surat suara DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten akan dilipat setelah selesai proses pelipatan surat suara Pilpres,” kata Kamal Baddu.

Kamal mengatakan seluruh kebutuhan logistik Pemilu baik untuk Pilrpes maupun Pileg telah tiba di gudang KPU Kolaka. “Selain kertas suara, kami juga sudah menerima kotak suara serta kertas administrasi lainnya,” ujarnya.

Hanya saja kertas surat suara untuk kebutuhan Pemungutan Suara Ulang (PSU) masih berada di Kota Kendari bersama surat suara PSU daerah lainnya di Sulawesi Tenggara. “Dalam waktu dekat kita akan jemput surat suara PSU di Kendari,” ucapnya.

Kamal menambahkan, saat ini KPU sementara proses perekrutan petugas KPPS yang akan bertugas di 705 TPS se Kabupaten Kolaka. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here