Arifin Jamal Resmi Nahkodai Himpunan Kerukunan Keluarga Muna di Kolaka

0
272
Pengurus HKKM saat dikukuhkan

SEPUTAR,KOLAKA.ID-Bupati Kolaka, Ahmad Safei resmi mengukuhkan pengurus Himpunan Kerukunan Keluarga Muna (HKKM) Kabupaten Kolaka periode 2021-2025, Senin di salah satu Hotel di Kolaka (28/5).

Dari pengukuhan itu, KKM Kolaka secara resmi dinakhodai Arifin Jamal BD, yang juga saat ini diberi amanah sebagai Kepala Dinas PUPR Pemkab Kolaka.

Dalam sambutannya, Bupati Ahmad Safei berharap pengurus dan seluruh anggota HKKM Kabupaten Kolaka dapat menjalin sinergitas yang baik dengan pemerintah untuk membangun daerah melalui profesinya masing-masing.

“Sebagai pemerintah saya berharap kehadiran bapak ibu dapat bersinergi untuk membangun daerah yang kita cintai ini,” ucapnya.

Bupati dua periode itu juga berpesan agar masyarakat Muna di Kolaka memegang prinsip dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Pribahasa tersebut mengandung arti bahwa seseorang sudah sepatutnya mengikuti atau menghormati adat istiadat yang berlaku di tempat tinggalnya (bukan hanya tempat asal), untuk dapat diterima dengan baik.

HKKM juga diharapkan dapat menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat lokal dan seluruh etnis yang ada di Kabupaten Kolaka. “Saya kira kalau itu kita lakukan Insya Allah semua yang ada di Kabupaten Kolaka ini menjadi baik semuanya,” ucapnya.

Ahmad Safei juga menitip pesan kepada pengurus HKKM agar mampu merangkul dan menjaga kekompakan seluruh anggota. “Karena di kerukunan lain biasa ada dua kepengurusan. Hari ini dilantik, ternyata besok adalagi kerukunan keluarga yang sama dengan pengurus berbeda. Mudah-mudahan hal seperti ini tidak terjadi di kerukunan keluarga Muna,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua HKMM Kolaka, Arifin Jamal Budi Darma menjelaskan HKKM Kolaka sudah terbentuk sejak tahun 1980 sebelum mekarnya Kabupaten Kolaka Utara dan Kolaka Timur. Dalam kurun waktu 42 itu, HKKM sudah terjadi beberapa kali pergantian
dan terus eksis sampai saat ini.

“Alhamdulillah semua ini berkat kebersamaan dan kekompakan dan solidaritas membangun hubungan silaturahmi yang baik dengan masyarakat lokal dan seluruh etnis yang tergabung dalam paguyuban-paguyuban dan kerukunan yang lain,” katanya.

Pria kelahiran Lasehao Muna itu itu juga mengatakan saat ini HKKM beranggotakan 1.500 orang yang tersebar di 12 kecataman di Kabupaten Kolaka. Adapun tujuan dibentuknya HKKM yaitu untuk meningkatkan kesejahtreraan anggota melalui sistem gotong royong,
dan saling membantu dalam suka maupun duka. Hal ini sejalan dengan falsafah hidup masyarakat Muna yaitu dopomoolo-ologho, dapobhini-bhini kuli, dapolengka-lengkagho fekiri yang memiliki arti saling merangkul satu sama lain.

“Sebagai bentuk dukungan dan partisipasi dan peran serta HKKM terhadap pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Kolaka secara individu maupun kelompok akan berupaya semaksimal mungkin membantu pemerintah daerah sesuai dengan profesi dan bidang tugas masing-masing. Kemudian, HKKM Kolaka juga berupaya membangun hubungan silaturahim yang harmonis dengan masyarakat lokal, dan seluruh etnis yang tergabung dalam paguyuban dan kerukunan yang ada di Kabupaten Kolaka untuk menciptakan suasana aman, tentram, damai. Kami juga senantiasa mengharapkan pembinaan dan bimbingan serta petunjuk dari Bupati Kolaka selaku pembina organisasi sosial, dan HKKM siap mendukung dan mensosialisasikan program pembangunan Bupati Kolaka untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kolaka,” jelasnya.

Pengukuhan juga tersebut turut dihadiri tokoh nasional asal Muna La Ode Ida, Rektor USN Azhari, Ketua DPRD Kolaka Syaifullah Halik, Kapolres Kolaka AKBP Saiful Mustofa, Dandim 1412 Letkol Inf. Paruhum Siregar, serta para ketua paguyuban dan kerukunan lain di Bumi Mekongga.(zul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here